LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 9
DASAR JAVA GRAFIS
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom
Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena
atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul
pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata
kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal
ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya
miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami dengan
menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh
karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan
makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.
Kuningan, 20 Januari 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar
Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan
Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program / Post Test............................................
BAB 3
PENUTUP.................................................................
A.
Kesimpulan......................................................................
B. Kata
Penutup...................................................................
Daftar
Pustaka.....................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa pemrograman java
tidak hanya dapat digunakan untuk membuat program berbasis text, namun lebih
dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman
grafis dalam bahasa java maka kemungkinan dapat membuat aneka bentuk program
grafis. Tujuan mempelajari modul kali ini ialah agar kita dapat membuat bentuk
grafis sederhana menggunakan Java.
B. Rumusan Masalah
1. Dasar Teori
2. Contoh Program Sederhana
C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari
dosen mata kuliah Bahasa Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu
pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi
perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Dasar Teori
Bahasa pemrograman java tidak hanya dapat digunakan untuk membuat program
berbasis text (text-base program) namun lebih dari itu java juga mendukung
pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka
dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk program grafis seperti games, aplikasi
grafis, animasi dan lain-lain.
B. Contoh Program / Post Test
Syntax.
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class PostTest extends JFrame{
public PostTest(){
setTitle("Program
Grafis");
setSize(550,700);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(100, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(200, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.WHITE);
g.drawOval(100, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.WHITE);
g.drawOval(200, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(100, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(200, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 300, 50, 110);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 300, 49, 109);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(100, 480, 150, 150);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 480, 149, 149);
}
public static void
main(String[] args) {
PostTest latihan_01 = new
PostTest();
}
}
Hasil Running
BAB 3
PENUTUP
Kata Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat
terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi
semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..
Daftar Pustaka
Modul Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar