Pages

LAPORAN PRAKTIKUM BP1 MODUL 9

Jumat, 19 Januari 2018

LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 9
DASAR JAVA GRAFIS
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom


Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
                Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami  dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.












Kuningan, 20 Januari 2018


                                                                                                            Penulis



DAFTAR ISI


Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program / Post Test............................................
BAB 3 PENUTUP.................................................................
A. Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar Pustaka.....................................................................




BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Bahasa pemrograman java tidak hanya dapat digunakan untuk membuat program berbasis text, namun lebih dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka kemungkinan dapat membuat aneka bentuk program grafis. Tujuan mempelajari modul kali ini ialah agar kita dapat membuat bentuk grafis sederhana menggunakan Java.
B. Rumusan Masalah
1. Dasar Teori
2. Contoh Program Sederhana


C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Bahasa Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.






BAB 2
PEMBAHASAN


A. Dasar Teori
Bahasa pemrograman java tidak hanya dapat digunakan untuk membuat program berbasis text (text-base program) namun lebih dari itu java juga mendukung pemrograman grafis. Dengan menguasai pemrograman grafis dalam bahasa java maka dimungkinkan dapat membuat aneka bentuk program grafis seperti games, aplikasi grafis, animasi dan lain-lain.

B. Contoh Program / Post Test
Syntax.
import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import javax.swing.*;
public class PostTest extends JFrame{
public PostTest(){
setTitle("Program Grafis");
setSize(550,700);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
setVisible(true);
}
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(100, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(200, 80, 150, 150);
g.setColor(Color.WHITE);
g.drawOval(100, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.WHITE);
g.drawOval(200, 80, 149, 149);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(100, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(200, 280, 150, 150);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 280, 149, 149);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 300, 50, 110);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 300, 49, 109);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(100, 480, 150, 150);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(200, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(100, 480, 149, 149);
g.setColor(Color.black);
g.drawOval(200, 480, 149, 149);
}
public static void main(String[] args) {
PostTest latihan_01 = new PostTest();
}
}

Hasil Running





BAB 3
PENUTUP

Kata  Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..

Daftar Pustaka
Modul Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS