LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 6
PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom
Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.
Kuningan, 20 Januari 2018
Penulis
Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program / Post Test............................................
BAB 3 PENUTUP.................................................................
A. Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar Pustaka.....................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam pemrograman berorientasi objek terdapat class dan objek. Class itu sendiri merupakan cetak biru dari objek. Dan sedangkan objek merupakan segala sesuatu yang ada di dunia ini. Adanya materi pemrograman berorientasi objek ini yaitu agar kita dapat memahami konsep objek dan kelas, dan memahami konsep Access Modifier dan static variable.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Dasar Teori
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya,
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik peranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.
Konsep dasar
Kelas — kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan tertentu. Sebagai contoh 'class of dog' adalah suatu unit yang terdiri atas definisi-definisi data dan fungsi-fungsi yang menunjuk pada berbagai macam perilaku/turunan dari anjing. Sebuah class adalah dasar dari modularitas dan struktur dalam pemrograman berorientasi object. Sebuah class secara tipikal sebaiknya dapat dikenali oleh seorang non-programmer sekalipun terkait dengan domain permasalahan yang ada, dan kode yang terdapat dalam sebuah class sebaiknya (relatif) bersifat mandiri dan independen (sebagaimana kode tersebut digunakan jika tidak menggunakan OOP). Dengan modularitas, struktur dari sebuah program akan terkait dengan aspek-aspek dalam masalah yang akan diselesaikan melalui program tersebut. Cara seperti ini akan menyederhanakan pemetaan dari masalah ke sebuah program ataupun sebaliknya.
Objek - membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer; objek merupakan dasar dari modularitas dan struktur dalam sebuah program komputer berorientasi objek.
Abstraksi - Kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses olehnya, yaitu kemampuan untuk memfokus pada inti. Setiap objek dalam sistem melayani sebagai model dari "pelaku" abstrak yang dapat melakukan kerja, laporan dan perubahan keadaannya, dan berkomunikasi dengan objek lainnya dalam sistem, tanpa mengungkapkan bagaimana kelebihan ini diterapkan. Proses, fungsi atau metode dapat juga dibuat abstrak, dan beberapa teknik digunakan untuk mengembangkan sebuah pengabstrakan.
Enkapsulasi - Memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak; hanya metode dalam objek tersebut yang diberi izin untuk mengakses keadaannya. Setiap objek mengakses interface yang menyebutkan bagaimana objek lainnya dapat berinteraksi dengannya. Objek lainnya tidak akan mengetahui dan tergantung kepada representasi dalam objek tersebut.
B. Contoh Program / Post Test
Syntax.
*Class
public class BangunDatar {
double v1, v2;
public double LLingkaran(){
return 3.14*v1*v1;
}
public double LPersegi(){
return v1*v1;
}
public double LPersegiPanjang(){
return v1*v2;
}
public double LSegitiga(){
return 0.5*v1*v2;
}
}
*Object
public class Hitung {
public static void main(String[] args){
BangunDatar B1 = new BangunDatar();
B1.v1 = 8;
B1.v2 = 4;
System.out.println("Luas Lingkaran : "+B1.LLingkaran());
System.out.println("Luas Persegi : "+B1.LPersegi());
System.out.println("Luas Persegi Panjang : "+B1.LPersegiPanjang());
System.out.println("Luas Segitiga : "+B1.LSegitiga());
}
}
BAB 3
PENUTUP
A. Penutup
Pemrograman Berorientasi Objek (Object Oriented Programming atau OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. OOP adalah paradigma pemrograman yang cukup dominan saat ini, karena mampu memberikan solusi kaidah pemrograman modern. Pemrograman Orientasi Objek (Object Oriented Programming) menekankan beberapa konsep, yaitu kelas, objek, abstraksi, enkapsulasi, polimorfisme, dan inheritas. Beberapa ahli juga mengkritik OOP, antara lain : Richard Stallman, Potok et al., Christopher J. Tanggal, Alexander Stepanov, Paul Graham, Joe Armstrong, Richard Mansfield, Rich Hickey, dan Carnegie-Mellon University Profesor Robert Harper.
B. Kata Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..
Daftar Pustaka
Modul Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1
http://codinganbyme.blogspot.co.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar