LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 7
GRAPHICAL USER INTERFACE (1)
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom
Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.
Kuningan, 20 Januari 2018
Penulis
Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program / Post Test............................................
BAB 3 PENUTUP.................................................................
A. Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar Pustaka.....................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
GUI atau kepajangan dari Graphical User Interface merupakan salah satu modelinteraksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain sepertiCharacter User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisikenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki fungsinya masing-masing. Fungsi CUIbiasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUIdirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUXberkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. PenggunaGUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows.Graphical Unit Interface, merupakan perangkat pertama untuk mengendalikan fungsi-fungsi suatu software, dan membuat pengguna mudah untuk memahami bagaimanamenggunakan software tersebut. Kita dapat mengasumsikan bahwa GUI merupakansebagai bagian dari suatu software yang pertama kali ditangkap mata (secara interface).Dimana suatu software akan kelihatan bagus, jika GUI tersebut tampak menarik.Java GUI sendiri secara umum sama dengan pemahaman GUI sendiri, namundisini GUI pada java adalah salah satu dari fasilitas Java dalam mengembangkan suatuaplikasi dengan memberikan suatu interface yang nantinya akan disesuaikan dengankebutuhan suatu aplikasi, baik skala kecil dan besar. Intinya, GUI pada Java adalahkomponen-komponen penyempurna dalam sebuah sistem, seperti komponen navigasi,graphic, interface desktop, komponen menu, sinkronisasi antar interface dan semuanyaitu dirancang dengan penelitian yang baik, dimana nantinya aplikasi tersebut dapatdengan mudah dioperasikan user.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Dasar Teori
Swing adalah alternatif untuk mengimplementasikan program Windows. Walaupun implementasinya berdasarkan kelas AWT tetapi Swing tidak menggunakan komponen AWT sehingga tampilan komponen-komponen Swing tidak bergantuk pada sistem Windows loca;.
Component merupakan puncak hirarki dalam AWT, dimana yang digunakan antara lain kelas Frame dan Panel. Pada Swing puncak hirarkinya adalah Jcomponent. Kelas inilah yang menjadi superkelas bagi sejumlah kelas; misalnya Jcombox, Jlabel, Jlist dan Jpanel.
B. Contoh Program / Post Test
Syntax.
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.event.*;
public class Latihan_02 extends JPanel implements ActionListener{
int bilangan1,bilangan2;
String bl1,bl2;
String[] jenis ={"Perkalian","Pembagian","Penjumlahan","Pengurangan"};
JLabel bil1 = new JLabel("Bilangan 1");
JLabel bil2 = new JLabel("Bialngan 2");
JTextField txbil1 = new JTextField(5);
JTextField txbil2 = new JTextField(5);
JTextField hasil = new JTextField("Hasil");
Font f = new Font("Arial",Font.BOLD,20);
JComboBox cmb = new JComboBox(jenis);
JButton Hitung = new JButton("Hitung");
public Latihan_02(){
setLayout(null);
bil1.setBounds(10, 10, 70,20 );
txbil1.setBounds(100, 10, 70, 20);
bil2.setBounds(10, 40, 70, 20);
txbil2.setBounds(100, 40, 70, 20);
cmb.setBounds(10, 70, 80, 20);
Hitung.setBounds(100, 70, 70, 20);
hasil.setBounds(180, 10, 100, 85);
hasil.setEditable(false);
hasil.setFont(f);
hasil.setHorizontalAlignment(JTextField.CENTER);
add(bil1);
add(txbil1);
add(bil2);
add(txbil2);
add(cmb);
add(Hitung);
add(hasil);
Hitung.addActionListener(this);
}
@Override
public void actionPerformed (ActionEvent ae){
int hasil1 = 0;
bl1 = txbil1.getText();
bl2 = txbil2.getText();
bilangan1 = Integer.parseInt(bl1);
bilangan2 = Integer.parseInt(bl2);
if(cmb.getSelectedItem().equals("Perkalian")){
hasil1 = bilangan1*bilangan2;
}else
if(cmb.getSelectedItem().equals("Pembagian")){
hasil1 = bilangan1/bilangan2;
}else
if(cmb.getSelectedItem().equals("Penjumlahan")){
hasil1 = bilangan1+bilangan2;
}else
if(cmb.getSelectedItem().equals("Pengurangan")){
hasil1 = bilangan1-bilangan2;
}
String hasil2 = Integer.toString(hasil1);
hasil.setText(hasil2);
}
public static void main(String[] args) {
JFrame jf = new JFrame("Calculator Sederhana");
Latihan_02 lt2 = new Latihan_02();
jf.add(lt2);
jf.setSize(300,160);
jf.setVisible(true);
jf.setResizable(false);
jf.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
}
}
Hasil Running
BAB 3
PENUTUP
A. Penutup
Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasi yang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yangtidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yangdibuat tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang dapat digunakan untukmengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT adalah istilah bagisekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya ketika masihmengusung nama Java (Bukan Java 2). Secara umum bisa dikatakan bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnyaWINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2. Objek-objekSwing merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki desain yangberbeda dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi. Dengan kata lain objekSwing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java murni.
B. Kata Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..
Daftar Pustaka
Modul Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar