Pages

LAPORAN PRAKTIKUM BP1 MODUL 8

Jumat, 19 Januari 2018

LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 8
GRAPHICAL USER INTERFACE (2)
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom


Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
                Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami  dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.












Kuningan, 20 Januari 2018


                                                                                                            Penulis



DAFTAR ISI


Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program / Post Test............................................
BAB 3 PENUTUP.................................................................
A. Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar Pustaka.....................................................................




BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
GUI 1 dan GUI 2. GUI sendiri singkatan dari Grapchical User Interface. Tujuan mempelajari modul kali ini ialah memahami konsep dasar Pemrograman GUI, serta mampu membuat contoh sederhananya dan juga kita bisa membuat aplikasi GUI dengan bantuan tools visual Netbeans.

B. Rumusan Masalah
1. Dasar Teori
2. Contoh Program Sederhana


C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Bahasa Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.






BAB 2
PEMBAHASAN


A. Dasar Teori
Netbeans adalah salah satu editor java yang sangat membantu dalam membuat program aplikasi menggunakan bahasa java, hal ini di karenakan Netbeans sudah menyediakan IDE berbentuk visual.
Dalam perancangan tampilan antar muka program Netbeans menyediakan Pallete yang berisi komponen-komponen yang akan digunakan dalam pembuatan aplikasi java berbasis GUI. Atribut dari tiap komponen yang ada pada jendela Palette dapat dengan mudah disetting dari dari jendela palette dapat dengan mudah disetting dari jendela properties.

B. Contoh Program / Post Test
Syntax.
import javax.swing.*;
import java.awt.event.*;
import java.text.DecimalFormat;
public class Latihan_02 extends JFrame implements ActionListener {
JLabel label1 = new JLabel();
JLabel label2 = new JLabel();
JLabel label3 = new JLabel();
JTextArea text1 = new JTextArea(1,20);
JTextField text2 = new JTextField();
JTextField text3 = new JTextField();
JButton button1 = new JButton();
JButton button2 = new JButton();
JButton button3 = new JButton();
JButton button4 = new JButton();
JButton button5 = new JButton();
JButton buttonhapus = new JButton();
JButton button7 = new JButton();
JButton button8 = new JButton();
JButton button9 = new JButton();
JButton button10 = new JButton();
JButton button11 = new JButton();
JButton button12 = new JButton();
JButton button13 = new JButton();
JButton button14 = new JButton();
JButton button15 = new JButton();
JButton button16 = new JButton();
JButton button17 = new JButton();
JButton button18 = new JButton();
JButton button19 = new JButton();
JButton button20 = new JButton();
JButton button21 = new JButton();
JButton button22 = new JButton();
JButton button23 = new JButton();
JButton button24 = new JButton();
JButton button25 = new JButton();
JButton button26 = new JButton();
JButton button27 = new JButton();
JButton button28 = new JButton();
JButton button29 = new JButton();
DecimalFormat koma = new DecimalFormat("#.##");
double angkapertama, angkakedua,hasil,n ;
int tambah=0,kurang=0,bagi=0,kali=0, persen=0, akar=0;
public void CiptakanJFrame(){
setLayout(null);
setTitle("Kalkulator");
setVisible(true);
setSize(355,305);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
}
public void CiptakanJLabel(){
label1.setText("View");
label1.setBounds(10, 5, 40, 20);
add(label1);
label2.setText("Edit");
label2.setBounds(50, 5, 40, 20);
add(label2);
label3.setText("Help");
label3.setBounds(80, 5, 40, 20);
add(label3);
}
public void CiptakanJTextField(){
text1.setBounds(10, 30, 320, 50);
add(text1);
/*text2.setBounds(120, 30, 160, 20);
add(text2);
text3.setBounds(120, 50, 160, 20);
add(text3);*/
}
public void CiptakanJButton(){
button1.setText("MC");
button1.setBounds(10, 90, 55, 20);
button1.addActionListener(this);
add(button1);
button2.setText("MR");
button2.setBounds(75, 90, 55, 20);
button2.addActionListener(this);
add(button2);
button3.setText("MS");
button3.setBounds(140, 90, 55, 20);
button4.addActionListener(this);
add(button3);
button4.setText("M+");
button4.setBounds(205, 90, 55, 20);
add(button4);
button5.setText("M-");
button5.setBounds(270, 90, 55, 20);
add(button5);
buttonhapus.setBounds(10, 120, 55, 20);
add(buttonhapus);
button7.setText("CE");
button7.setBounds(75, 120, 55, 20);
add(button7);
button8.setText("C");
button8.setBounds(140, 120, 55, 20);
add(button8);
button9.setText("±");
button9.setBounds(205, 120, 55, 20);
add(button9);
button10.setText("√");
button10.setBounds(270, 120, 55, 20);
add(button10);
button11.setText("7");
button11.setBounds(10, 150, 55, 20);
add(button11);
button12.setText("8");
button12.setBounds(75, 150, 55, 20); add(button12);
button13.setText("9");
button13.setBounds(140, 150, 55, 20);
add(button13);
button14.setText("/");
button14.setBounds(205, 150, 55, 20);
add(button14);
button15.setText("%");
button15.setBounds(270, 150, 55, 20);
add(button15);
button16.setText("4");
button16.setBounds(10, 180, 55, 20);
add(button16);
button17.setText("5");
button17.setBounds(75, 180, 55, 20);
add(button17);
button18.setText("6");
button18.setBounds(140, 180, 55, 20);
add(button18);
button19.setText("*");
button19.setBounds(205, 180, 55, 20);
add(button19);
button20.setText("1/x");
button20.setBounds(270, 180, 55, 20);
add(button20);
button21.setText("1");
button21.setBounds(10, 210, 55, 20);
add(button21);
button22.setText("2");
button22.setBounds(75, 210, 55, 20);
add(button22);
button23.setText("3");
button23.setBounds(140, 210, 55, 20);
add(button23);
button24.setText("-");
button24.setBounds(205, 210, 55, 20);
add(button24);
button25.setText("=");
button25.setBounds(270, 210, 50, 55);
add(button25);
button26.setText("0");
button26.setBounds(10, 240, 100, 20);
add(button26);
button27.setText(",");
button27.setBounds(140, 240, 55, 20);
add(button27);
button28.setText("+");
button28.setBounds(205, 240, 55, 20);
add(button28);
button4.addActionListener(this);
button5.addActionListener(this);
buttonhapus.addActionListener(this);
button7.addActionListener(this);
button8.addActionListener(this);
button9.addActionListener(this);
button10.addActionListener(this);
button11.addActionListener(this);
button12.addActionListener(this);
button13.addActionListener(this);
button14.addActionListener(this);
button15.addActionListener(this);
button16.addActionListener(this);
button17.addActionListener(this);
button18.addActionListener(this);
button19.addActionListener(this);
button20.addActionListener(this);
button21.addActionListener(this);
button22.addActionListener(this);
button23.addActionListener(this);
button24.addActionListener(this);
button25.addActionListener(this);
button26.addActionListener(this);
button27.addActionListener(this);
button28.addActionListener(this);
}
@Override
public void actionPerformed(ActionEvent e) {
Object source = e.getSource();
if(source == button8){
angkapertama = 0.0;
angkakedua = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == button7){
angkapertama = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == button1){
angkapertama = 0.0;
angkakedua = 0.0;
hasil = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == button2){
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button3){
angkapertama = numberReader();
hasil = angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button4){
angkapertama = numberReader();
hasil = angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button5){
hasil= 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source == buttonhapus){
String backspace = null;
if(text1.getText().length() > 0){
StringBuilder strB = new StringBuilder(text1.getText());

strB.deleteCharAt(text1.getText().length() - 1);
backspace = strB.toString();
text1.setText(backspace);
}
}
else if(source == button20){
angkapertama = numberReader();
hasil = 1/ angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source == button27){
angkapertama = numberReader();
text1.setText(angkapertama+"");
String x = koma.format(angkapertama).replace(',','.') ;
angkapertama = Float.parseFloat(x);
}
else if(source == button9){
angkapertama = numberReader();
double x = 2 * angkapertama;
angkapertama -= x;
text1.setText(angkapertama+"");
}
else if(source == button21){
text1.append("1");
}
else if(source == button22){
text1.append("2");
}
else if(source == button23){
text1.append("3");
}
if(source == button16){
text1.append("4");
}
else if(source == button17){
text1.append("5");
}
else if(source == button18){
text1.append("6");
}
if(source == button11){
text1.append("7");
}
else if(source == button12){
text1.append("8");
}
else if(source == button13){
text1.append("9");
}
else if(source == button26){
text1.append("0");
}
else if(source == button28){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 1;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source == button24){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 1;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 0;
}

else if(source == button14){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 1;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source == button15){
angkapertama = numberReader();
hasil = (angkapertama / 100);
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 1;
kali = 0;
}
else if(source == button19){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 1;
}
else if(source == button10){
angkapertama = numberReader();
text1.setText("");
akar = 1;
}
else if(source == button25){
if(tambah>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama + angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(kurang>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama - angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(bagi>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama / angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(persen>0){
hasil = (angkapertama / 100);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if (kali>0){
angkakedua = numberReader();
hasil = angkapertama * angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if (akar>0){
hasil = Math.sqrt(angkapertama);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
}
public double numberReader(){
double angkaPertama;
String n;

n = text1.getText();
angkaPertama = Double.valueOf(n);
return angkaPertama;
}
public static void main (String[] args) {
// TODO code application logic here
Latihan_02 f1 = new Latihan_02();
f1.CiptakanJFrame();
f1.CiptakanJLabel();
f1.CiptakanJTextField();
f1.CiptakanJButton();
}}

Hasil Running








BAB 3
PENUTUP

A. Penutup
Java GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasiyang berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yangtidak bisa dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol,gambar, dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yangdibuat tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang dapat digunakan untukmengembangkan program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT adalah istilah bagisekumpulan objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya ketika masihmengusung nama Java (Bukan Java 2). Secara umum bisa dikatakan bentuk dari objek-objek AWT akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnya WINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2. Objek-objekSwing merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki desain yangberbeda dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi. Dengan kata lain objekSwing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java murni.

B. Kata  Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..

Daftar Pustaka
Modul Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS