LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 8
GRAPHICAL USER INTERFACE (2)
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom
Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat
rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam
makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul
pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata
kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal
ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya
miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami dengan
menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh
karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan
makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.
Kuningan, 20 Januari 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar.....................................................................
Daftar
Isi...............................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan
Masalah...........................................................
C. Tujuan
Penulisan.............................................................
BAB 2
PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar
Teori......................................................................
B. Contoh
Program / Post Test............................................
BAB 3
PENUTUP.................................................................
A.
Kesimpulan......................................................................
B. Kata
Penutup...................................................................
Daftar
Pustaka.....................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
GUI
1 dan GUI 2. GUI sendiri singkatan dari Grapchical User Interface. Tujuan
mempelajari modul kali ini ialah memahami konsep dasar Pemrograman GUI, serta
mampu membuat contoh sederhananya dan juga kita bisa membuat aplikasi GUI
dengan bantuan tools visual Netbeans.
B. Rumusan
Masalah
1. Dasar
Teori
2. Contoh
Program Sederhana
C. Tujuan
Penulisan
Adapun
tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen mata
kuliah Bahasa Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi
semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan
teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Dasar
Teori
Netbeans
adalah salah satu editor java yang sangat membantu dalam membuat program
aplikasi menggunakan bahasa java, hal ini di karenakan Netbeans sudah
menyediakan IDE berbentuk visual.
Dalam
perancangan tampilan antar muka program Netbeans menyediakan Pallete yang
berisi komponen-komponen yang akan digunakan dalam pembuatan aplikasi java
berbasis GUI. Atribut dari tiap komponen yang ada pada jendela Palette dapat
dengan mudah disetting dari dari jendela palette dapat dengan mudah disetting
dari jendela properties.
B. Contoh
Program / Post Test
Syntax.
import
javax.swing.*;
import
java.awt.event.*;
import
java.text.DecimalFormat;
public class
Latihan_02 extends JFrame implements ActionListener {
JLabel label1
= new JLabel();
JLabel label2
= new JLabel();
JLabel label3
= new JLabel();
JTextArea
text1 = new JTextArea(1,20);
JTextField
text2 = new JTextField();
JTextField
text3 = new JTextField();
JButton
button1 = new JButton();
JButton
button2 = new JButton();
JButton
button3 = new JButton();
JButton
button4 = new JButton();
JButton
button5 = new JButton();
JButton
buttonhapus = new JButton();
JButton
button7 = new JButton();
JButton button8
= new JButton();
JButton
button9 = new JButton();
JButton
button10 = new JButton();
JButton
button11 = new JButton();
JButton
button12 = new JButton();
JButton
button13 = new JButton();
JButton
button14 = new JButton();
JButton
button15 = new JButton();
JButton
button16 = new JButton();
JButton
button17 = new JButton();
JButton
button18 = new JButton();
JButton
button19 = new JButton();
JButton
button20 = new JButton();
JButton
button21 = new JButton();
JButton
button22 = new JButton();
JButton
button23 = new JButton();
JButton
button24 = new JButton();
JButton
button25 = new JButton();
JButton
button26 = new JButton();
JButton button27
= new JButton();
JButton
button28 = new JButton();
JButton
button29 = new JButton();
DecimalFormat
koma = new DecimalFormat("#.##");
double
angkapertama, angkakedua,hasil,n ;
int
tambah=0,kurang=0,bagi=0,kali=0, persen=0, akar=0;
public void CiptakanJFrame(){
setLayout(null);
setTitle("Kalkulator");
setVisible(true);
setSize(355,305);
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocationRelativeTo(null);
}
public void
CiptakanJLabel(){
label1.setText("View");
label1.setBounds(10,
5, 40, 20);
add(label1);
label2.setText("Edit");
label2.setBounds(50,
5, 40, 20);
add(label2);
label3.setText("Help");
label3.setBounds(80,
5, 40, 20);
add(label3);
}
public void
CiptakanJTextField(){
text1.setBounds(10,
30, 320, 50);
add(text1);
/*text2.setBounds(120,
30, 160, 20);
add(text2);
text3.setBounds(120,
50, 160, 20);
add(text3);*/
}
public void
CiptakanJButton(){
button1.setText("MC");
button1.setBounds(10,
90, 55, 20);
button1.addActionListener(this);
add(button1);
button2.setText("MR");
button2.setBounds(75,
90, 55, 20);
button2.addActionListener(this);
add(button2);
button3.setText("MS");
button3.setBounds(140,
90, 55, 20);
button4.addActionListener(this);
add(button3);
button4.setText("M+");
button4.setBounds(205,
90, 55, 20);
add(button4);
button5.setText("M-");
button5.setBounds(270,
90, 55, 20);
add(button5);
buttonhapus.setBounds(10,
120, 55, 20);
add(buttonhapus);
button7.setText("CE");
button7.setBounds(75,
120, 55, 20);
add(button7);
button8.setText("C");
button8.setBounds(140,
120, 55, 20);
add(button8);
button9.setText("±");
button9.setBounds(205,
120, 55, 20);
add(button9);
button10.setText("√");
button10.setBounds(270,
120, 55, 20);
add(button10);
button11.setText("7");
button11.setBounds(10,
150, 55, 20);
add(button11);
button12.setText("8");
button12.setBounds(75,
150, 55, 20); add(button12);
button13.setText("9");
button13.setBounds(140,
150, 55, 20);
add(button13);
button14.setText("/");
button14.setBounds(205,
150, 55, 20);
add(button14);
button15.setText("%");
button15.setBounds(270,
150, 55, 20);
add(button15);
button16.setText("4");
button16.setBounds(10,
180, 55, 20);
add(button16);
button17.setText("5");
button17.setBounds(75,
180, 55, 20);
add(button17);
button18.setText("6");
button18.setBounds(140,
180, 55, 20);
add(button18);
button19.setText("*");
button19.setBounds(205,
180, 55, 20);
add(button19);
button20.setText("1/x");
button20.setBounds(270,
180, 55, 20);
add(button20);
button21.setText("1");
button21.setBounds(10,
210, 55, 20);
add(button21);
button22.setText("2");
button22.setBounds(75,
210, 55, 20);
add(button22);
button23.setText("3");
button23.setBounds(140,
210, 55, 20);
add(button23);
button24.setText("-");
button24.setBounds(205,
210, 55, 20);
add(button24);
button25.setText("=");
button25.setBounds(270,
210, 50, 55);
add(button25);
button26.setText("0");
button26.setBounds(10,
240, 100, 20);
add(button26);
button27.setText(",");
button27.setBounds(140,
240, 55, 20);
add(button27);
button28.setText("+");
button28.setBounds(205,
240, 55, 20);
add(button28);
button4.addActionListener(this);
button5.addActionListener(this);
buttonhapus.addActionListener(this);
button7.addActionListener(this);
button8.addActionListener(this);
button9.addActionListener(this);
button10.addActionListener(this);
button11.addActionListener(this);
button12.addActionListener(this);
button13.addActionListener(this);
button14.addActionListener(this);
button15.addActionListener(this);
button16.addActionListener(this);
button17.addActionListener(this);
button18.addActionListener(this);
button19.addActionListener(this);
button20.addActionListener(this);
button21.addActionListener(this);
button22.addActionListener(this);
button23.addActionListener(this);
button24.addActionListener(this);
button25.addActionListener(this);
button26.addActionListener(this);
button27.addActionListener(this);
button28.addActionListener(this);
}
@Override
public void
actionPerformed(ActionEvent e) {
Object source
= e.getSource();
if(source ==
button8){
angkapertama =
0.0;
angkakedua = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source
== button7){
angkapertama =
0.0;
text1.setText("");
}
else if(source
== button1){
angkapertama =
0.0;
angkakedua =
0.0;
hasil = 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source
== button2){
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source
== button3){
angkapertama =
numberReader();
hasil =
angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source
== button4){
angkapertama =
numberReader();
hasil =
angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source
== button5){
hasil= 0.0;
text1.setText("");
}
else if(source
== buttonhapus){
String
backspace = null;
if(text1.getText().length()
> 0){
StringBuilder
strB = new StringBuilder(text1.getText());
strB.deleteCharAt(text1.getText().length() - 1);
backspace =
strB.toString();
text1.setText(backspace);
}
}
else if(source
== button20){
angkapertama =
numberReader();
hasil = 1/
angkapertama;
text1.setText(hasil+"");
}
else if(source
== button27){
angkapertama =
numberReader();
text1.setText(angkapertama+"");
String x =
koma.format(angkapertama).replace(',','.') ;
angkapertama =
Float.parseFloat(x);
}
else if(source
== button9){
angkapertama =
numberReader();
double x = 2 *
angkapertama;
angkapertama
-= x;
text1.setText(angkapertama+"");
}
else if(source
== button21){
text1.append("1");
}
else if(source
== button22){
text1.append("2");
}
else if(source
== button23){
text1.append("3");
}
if(source ==
button16){
text1.append("4");
}
else if(source
== button17){
text1.append("5");
}
else if(source
== button18){
text1.append("6");
}
if(source ==
button11){
text1.append("7");
}
else if(source
== button12){
text1.append("8");
}
else if(source
== button13){
text1.append("9");
}
else if(source
== button26){
text1.append("0");
}
else if(source
== button28){
angkapertama =
numberReader();
text1.setText("");
tambah = 1;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source
== button24){
angkapertama =
numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 1;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source == button14){
angkapertama =
numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 1;
persen = 0;
kali = 0;
}
else if(source
== button15){
angkapertama =
numberReader();
hasil =
(angkapertama / 100);
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 1;
kali = 0;
}
else if(source
== button19){
angkapertama =
numberReader();
text1.setText("");
tambah = 0;
kurang = 0;
bagi = 0;
persen = 0;
kali = 1;
}
else if(source
== button10){
angkapertama =
numberReader();
text1.setText("");
akar = 1;
}
else if(source
== button25){
if(tambah>0){
angkakedua = numberReader();
hasil =
angkapertama + angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else
if(kurang>0){
angkakedua =
numberReader();
hasil =
angkapertama - angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if(bagi>0){
angkakedua =
numberReader();
hasil =
angkapertama / angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else
if(persen>0){
hasil =
(angkapertama / 100);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if
(kali>0){
angkakedua =
numberReader();
hasil =
angkapertama * angkakedua;
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
else if
(akar>0){
hasil =
Math.sqrt(angkapertama);
text1.setText(String.valueOf(hasil));
}
}
}
public double
numberReader(){
double
angkaPertama;
String n;
n = text1.getText();
angkaPertama =
Double.valueOf(n);
return
angkaPertama;
}
public static
void main (String[] args) {
// TODO code
application logic here
Latihan_02 f1
= new Latihan_02();
f1.CiptakanJFrame();
f1.CiptakanJLabel();
f1.CiptakanJTextField();
f1.CiptakanJButton();
}}
Hasil
Running
BAB 3
PENUTUP
A. Penutup
Java
GUI adalah pemrograman dengan bahasa Java yang dibuat menggunakan aplikasiyang
berbasiskan GUI. Tujuannya adalah menambahkan komponen-komponen yangtidak bisa
dibuat dalam basis text. Komponen-konponen tersebut bisa berupa tombol,gambar,
dll. Tujuannya adalah untuk memudahkan user menggunakan program yangdibuat
tersebut.Dalam Java, terdapat dua paket yang dapat digunakan untukmengembangkan
program-program GUI, yaitu AWT dan Swing. AWT adalah istilah bagisekumpulan
objek GUI yang dibawa oleh Java diawal kemunculannya ketika masihmengusung nama
Java (Bukan Java 2). Secara umum bisa dikatakan bentuk dari objek-objek AWT
akan mengikuti bentuk default yang dibawa oleh sistem operasi, misalnya
WINDOWS. Swing adalah sebutan bagi objek visual yang dibawa Java 2. Objek-objekSwing
merupakan pengembangan dari objek AWT. Objek Swing memiliki desain yangberbeda
dibandingkan dengan desain default dari sistem operasi. Dengan kata lain
objekSwing adalah objek visual yang mengusung teknologi Java murni.
B.
Kata Penutup
Alhamdulillah,
atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun
penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat
bagi banyak orang, AMINN..
Daftar
Pustaka
Modul
Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar