Pages

LAPORAN PRAKTIKUM BP1 MODUL 10

Jumat, 19 Januari 2018

LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 10
ANIMASI
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom


Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017


KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
                Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami  dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.












Kuningan, 20 Januari 2018


                                                                                                            Penulis



DAFTAR ISI

Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program / Post Test............................................
BAB 3 PENUTUP.................................................................
A. Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar Pustaka.....................................................................




BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Animasi adalah tampilan objek bergerak. Animasi dapat berupa objek 2D ataupun 3D. Java menyediakan semua fasilitas yang dibutuhkan untuk membuat animasi 2D maupun 3D. Tujuan mempelajari modul kali ini ialah agar kita dapat membuat animasi 2D sederhana menggunakan Java.

B. Rumusan Masalah
1. Dasar Teori
2. Contoh Program Sederhana


C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Bahasa Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.






BAB 2
PEMBAHASAN


A. Dasar Teori
Animasi merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan animasi 3 dimensi daripada animasi 2 dimensi.

B. Contoh Program / Post Test
Syntax.

import java.awt.Color;
import java.awt.Graphics;
import java.awt.Graphics2D;
import java.awt.geom.Ellipse2D;
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
import java.awt.Dimension;
public class Kelompok extends JPanel {
int x=0, b=0;
String arah = "Kanan";
private static final int D_W = 400;
private static final int D_H = 400;
private static final int INCREMENT = 5;
@Override
public void paint(Graphics g){
g.setColor(Color.black);
g.fillRect(700, 70,20, 100);
g.setColor(Color.red);
g.fillOval(697, 68,25, 25);
g.setColor(Color.orange);
g.fillOval(697, 93,25, 25);
g.setColor(Color.green);
g.fillOval(697, 118,25, 25);
g.setColor(Color.black);
g.fillRect(10, 180,900, 100);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(20, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(90, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(160, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(210, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(280, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(350, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(420, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(490, 220,50, 20);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(560, 220,50, 20);
g.setColor(Color.YELLOW);
g.fillRect(x+10, 120, 350, +120);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(x+30, 130, 50, 50);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(x+100, 130, 50, 50);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(x+163, 130, 50, 50);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(x+234, 130, 50, 50);
g.setColor(Color.white);
g.fillRect(x+300, 130, 50, 50);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(x+60, 220, 50, 50);
g.setColor(Color.BLACK);
g.fillOval(x+285, 220, 50, 50);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(x+70, 230, 30, 30);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(x+295, 230, 30, 30);
g.setColor(Color.white);
g.fillOval(0, 30, 30,30);
g.fillOval(25, 30, 30,30);
g.fillOval(50, 30, 30,30);
g.fillOval(15, 10, 30,30);
g.fillOval(32, 10, 30,30);
g.fillOval(200, 40, 30,30);
g.fillOval(225, 40, 30,30);
g.fillOval(250, 40, 30,30);
g.fillOval(215, 20, 30,30);
g.fillOval(232, 20, 30,30);
g.fillOval(480, 60, 30,30);
g.fillOval(505, 60, 30,30);
g.fillOval(530, 60, 30,30);
g.fillOval(495, 40, 30,30);
g.fillOval(512, 40, 30,30);
g.fillOval(570, 10, 30,30);
g.fillOval(595, 10, 30,30);
g.fillOval(620, 10, 30,30);
g.fillOval(585, 0, 30,30);
g.fillOval(602, 0, 30,30);
}
@Override
public Dimension getPreferredSize() {
return new Dimension(D_W, D_H);
}
private void jalan(){
if (x == D_W) {
x = 0;
} else {
x += INCREMENT;
}
}
public static void main (String [] args) throws InterruptedException {
JFrame f = new JFrame();
f.setSize(800, 500);
f.setVisible(true);
f.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
Kelompok a = new Kelompok();
f.add(a);
while(true){
a.jalan();
a.repaint();
Thread.sleep(10);
}
}
}

Hasil Running



BAB 3
PENUTUP

Kata  Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..

Daftar Pustaka
Modul Pembelajaran Bahasa Pemrograman 1   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS