Pages

LAPORAN PRAKTIKUM BP1 MODUL 2

Minggu, 05 November 2017

LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 2
TIPE DATA VARIABEL DAN OPERATOR
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom


Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016

FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
                Saya menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami  dengan menyediakan dokumen atau sumber informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan pembaca pada umumnya.












Kuningan, 05 November 2017


                                                                                                            Penulis




DAFTAR ISI

Kata Pengantar.....................................................................
Daftar Isi...............................................................................
BAB 1 PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan Penulisan.............................................................
BAB 2 PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar Teori......................................................................
B. Contoh Program..............................................................
BAB 3 PENUTUP.................................................................
A. Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar Pustaka......................................................................



BAB 1
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Contoh tipe data adalah :
a. Integer (bilangan bulat), tipe data dasar berupa bilangan yang tidak mengandung pecahan desimal.
b. Char (karakter), tipe data dasar yang terdiri atas satu buah angka, huruf, tanda baca, atau karakter khusus.
c. String, tipe data dasar yang berupa kumpulan karakter dengan panjang tertentu. Meskipun berupa kumpulan karakter, karena tipe data string sering digunakan dalam pemrograman, string dianggap dalam tipe data dasar.
d. Boolean (bilangan logika), memiliki tepat dua buah kemungkinan nilai, dipresentasikan sebagai benar dan salah, atau true dan false, atau 1 dan 0.
            Variabel adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Sedangkan operator adalah pengendali operasi yang akan dilakukan pada beberapa operan sehingga membentuk sebuah ekspresi.

B. Rumusan Masalah
1. Dasar Teori
2. Contoh Program Sederhana

C. Tujuan Penulisan
Adapun tujuan dalam penulisan makalah ini yaitu untuk memenuhi tugas dari dosen mata kuliah Bahasa Pemrograman 1. Untuk menambah wawasan ilmu pengetahuan bagi semua pembaca termasuk penulis yang telah mencari infomasi perkembangan teknologi dan referensi mengenai teknologi tentang java tersebut.



BAB 2
PEMBAHASAN


A. Dasar Teori
     Tipe Data Variabel dan Tipe Data

Variabel Merupakan suatu tempat untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah selama proses program. Pada dasarnya ada dua macam tipe data variabel dalam bahasa Java, yaitu tipe data primitive dan tipe data reference.
            Operator Aritmetika, digunakan untuk memanipulasi nilai variabel yang bersifat numeric. Macam-macam bentuk operator aritmetika yaitu :
( + ) Menambahkan operan1 dengan operan2
 ( - ) Mengurangkan operan1 dengan operan2
( / ) Membagi operan1 dengan operan2
( % ) Memberikan sisa hasil bagi antara operan1 dengan operan2
( Operan ++ ) Menaikkan nilai operan sebanyak 1 setelah dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( ++ Operan ) Menaikkan nilai operan sebanyak 1 sebelum dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( Operan -- ) Menurunkan nilai operan sebanyak 1 setelah dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( -- Operan ) Menurunkan nilai operan sebanyak 1 sebelum dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( - Operan ) Merubah nilai operan menjadi negasinya, jika operan positif menjadi negative, dan sebaliknya.
            Operator relasional, berfungsi untuk membandingkan antara dua nilai variabel.
( > ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih besar dari operan2
( < ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih kecil dari operan2
( >= ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih besar atau sama dengan operan2
( <= ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih kecil atau sama dengan operan2
( != ) Menghasilkan nilai true jika operan1 tidak sama dengan operan2
            Operator kondisional, digunakan untuk mengevaluasi ekspresi Boolean, untuk menentukan nilai mana yang akan dimasukan kedalam variabel.
( && ) Menghasilkan true jika operan1 dan operan2, keduanya bernilai Boolean true.
( || ) Menghasilkan true jika operan1 atau operan2, keduanya bernilai Boolean true.
( !! ) Menghasilkan true jika operan1 bernilai Boolean false.
( & ) Menghasilkan true jika operan1 dan operan2 bernilai true (and)
( | ) Menghasilkan true jika operan1 atau operan2, salah satunya bernilai Boolean true.
( ^ ) Menghasilkan true jika salah satu  diantara operan1 atau operan2 bernilai true, tetapi tidak keduanya.
            Operator assignment, digunakan untuk memberikan nilai dari suatu operasi ke sebuah variabel, umumnya diberikan kepada variabel yang sama.


B. Contoh Program Sederhana Dalam Pemrograman Bahaha Java
Syntax
public class Jumlahmod3 {
    public static void main(String[] args) {
        int A=2;
int B=4;
int jumlah;
jumlah=A+B;
        System.out.println("Bilangan 1:"+A);
        System.out.println("Bilangan 2:"+B);
        System.out.println("Jumlah="+jumlah);
    }
}



POST TEST

Post Test 1
Membuat program untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan, Potongan dan Gaji Bersih. Besar gaji pokok diisi dengan 100000*Lama kerja, Tunjangan Gajipokok*2.5% dan Gaji bersih diisi dengan Gaji pokok + Tunjangan.

Syntax
import java.util.Scanner;
public class Latihan_03 {
    public static void main(String[] args){
        String nik, nama;
        int gajipok= 100000, gbersih,lkerja, n1, n3;
        float tj;
        float n2;
        Scanner sc= new Scanner(System.in);
        System.out.print("NIK\t\t: ");
        nik= sc.nextLine();
        System.out.print("Nama\t\t: ");
        nama= sc.nextLine();
        System.out.print("Lama Kerja\t: ");
        lkerja= sc.nextInt();
        n1= gajipok*lkerja;
        n2= (int) (gajipok*2.5);
        n3= n1+(int)n2;
        System.out.print("\nGaji Pokok\tRp. "+n1);
        System.out.print("\nGaji Tunjangan\tRp. "+n2);
        System.out.print("\nGaji Bersih\tRp. "+n3);
    }  


}



Post Test 2
Membuat Program untuk menampilkan hasil perhitungan bujursangkar, persegi panjag, segitiga, lingkaran, limas, dan kerucut.

Syntax
import java.io.*;
public class Latihan_04 {
    public static void main (String [] args) throws IOException {
        BufferedReader br=new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
      
        String pilihan1;
   
        int pilihan;
        System.out.println(""
                +"\n====================================================="
                +"\n                      MENU PEMLILIHAN                "
                +"\n====================================================="
                +"\n1. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING BUJUR SANGKAR    "
                +"\n2. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING PERSEGI PANJANG  "
                +"\n3. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING SEGITIGA         "
                +"\n4. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING LINGKARAN        "
                +"\n5. PROGRAM PENGHITUNGAN LUAS LIMAS                "
                +"\n6. PROGRAM PENGHITUNGAN LUAS KERUCUT              "
                +"\n=====================================================\n"
                +"Silahkan masukan pilihan anda :                     ");
                pilihan1= br.readLine();      
        System.out.print("=====================================================");
      
        pilihan= Integer.parseInt(pilihan1);
    
        switch(pilihan){
            case 1:
            pilihan= 1;
            {
                /*Bujur sangkar*/
                int s;
                int keliling;
                System.out.print("\nmasukan panjang sisi (cm): ");
                String sisi= br.readLine();
                s=Integer.parseInt(sisi);
              
                keliling = 4 * s;
              
                System.out.print("\nKeliling bujur sangkar adalah "+keliling+"cm2\n");
            }
          
            break;
          
            case 2:
            pilihan= 2;
            {
                /*Persegi panjang*/
                int p;
                int l;
                int keliling;
                System.out.print("\nmasukan panjang persegi panjang (cm): ");
                String panjang= br.readLine();
                System.out.print("\nmasukan lebar persegi panjang (cm): ");
                String lebar= br.readLine();
                l=Integer.parseInt(lebar);
                p=Integer.parseInt(panjang);
              
                keliling = 2*(p+l);
                
                System.out.print("\nKeliling persegi panjang adalah "+keliling+" cm\n");

            }
            break;
          
            case 3:
            pilihan= 3;
            {
                /*segi Tiga*/
                int sa;
                int sb;
                int sc;
                int keliling;
              
                System.out.print("\nmasukan panjang sisi a (cm): ");
                String s1= br.readLine();
                System.out.print("\nmasukan panjang sisi b (cm): ");
                String s2= br.readLine();
                System.out.print("\nmasukan panjang sisi c (cm): ");
                String s3= br.readLine();
              
                sa=Integer.parseInt(s1);
                sb=Integer.parseInt(s2);
                sc=Integer.parseInt(s3);
                              
                keliling=sa+sb+sc;
              
                System.out.print("\nKeliling Segitiga adalah "+keliling+" cm\n");
                      
            }
            break;
          
            case 4:
            pilihan= 4;
            {
                /*lingkaran*/
                double v=3.14;
                float r;
                float keliling;
              
                System.out.print("\nmasukan jari-jari lingkaran (cm): ");
                String jari= br.readLine();
                r = Integer.parseInt(jari);
                              
                keliling = (float) (v*2*r);
              
                System.out.print("\nKeliling Lingkaran "+keliling+" cm\n");
            }
            break;
          
            case 5:
                pilihan = 5;
                {
                    /*limas*/
                int luas;
                int alas;
                int lusi;
              
                System.out.print("\nMasukan luas alas (cm): ");
                String lulas= br.readLine();
                System.out.print("\nMasukan luas sisi (cm): ");
                String lulis= br.readLine();
              
                alas = Integer.parseInt(lulas);
                lusi = Integer.parseInt(lulis);
                              
                luas = alas+(4*lusi);
              
                System.out.print("\nKeliling Lingkaran "+luas+" cm\n");
                  
                }
                break;
              
            case 6 :
                pilihan =6;
                {
                    /*kerucut*/
                    
                int r;
                int s;
                int alas;
                int lusi;
                double v=3.14;
                float keliling;
              
                System.out.print("\nMasukan jari jari alas kerucut (cm): ");
                String jari= br.readLine();
                System.out.print("\nMasukan panjajng garis peulukis (cm): ");
                String lukis= br.readLine();
              
                r = Integer.parseInt(jari);
                s = Integer.parseInt(lukis);
                              
                keliling = (float) (v * r * (r+s));
              
                System.out.println("luas kerucut "+keliling+" cm\n");
                }
                break;
              
            default :
                System.out.println("maaf data yang dimasukan tidak valid\n");
                break;
        }
    }
}




BAB 3
PENUTUP

A. Penutup
            Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Kedua, yaitu variabel adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Sedangkan operator adalah pengendali operasi yang akan dilakukan pada beberapa operan sehingga membentuk sebuah ekspresi.


B. Kata  Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..


Daftar Pustaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
FREE BLOGGER TEMPLATE BY DESIGNER BLOGS