LAPORAN PRAKTIKUM
MODUL 2
TIPE DATA VARIABEL DAN OPERATOR
BAHASA PEMROGRAMAN 1
Diajukan untuk memenuhi tugas sebagai bahan praktikum
Dosen : Dede Irawan, M.Kom
Disusun oleh :
Egi Legitasari
20160910045
Sistem informasi A 2016
FAKULTAS ILMU KOMPUTER
UNIVERSITAS KUNINGAN
2017
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT
karena atas berkat rahmat dan hidayah-Nya saya dapat menyelesaikan tugas
makalah ini. Didalam makalah ini saya telah menyelesaikan tugas yang terdapat
pada modul pembelajaran. Dan laporan ini dibuat untuk memenuhi tugas dan
memperdalam mata kuliah Bahasa Pemrograman 1.
Saya
menyadari, dalam laporan ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Hal ini
disebabkan terbatasnya kemampuan, pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki.
Namun demikian banyak pula pihak yang telah membantu kami dengan menyediakan dokumen atau sumber
informasi, memberikan masukan pemikiran. Oleh karena itu saya mengharapkan
kritik dan saran. Demi perbaikan dan kesempurnaan makalah ini di waktu yang
akan datang. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi saya pada khusunya dan
pembaca pada umumnya.
Kuningan, 05 November 2017
Penulis
Kata Pengantar.....................................................................
Daftar
Isi...............................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN.......................................................
A. Latar
Belakang.................................................................
B. Rumusan Masalah...........................................................
C. Tujuan
Penulisan.............................................................
BAB 2
PEMBAHASAN.........................................................
A. Dasar
Teori......................................................................
B. Contoh
Program..............................................................
BAB 3
PENUTUP.................................................................
A.
Kesimpulan......................................................................
B. Kata Penutup...................................................................
Daftar
Pustaka......................................................................
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Tipe data adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh
sebuah data. Tipe data menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah
data atau tidak, serta operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut.
Contoh tipe data adalah :
a. Integer (bilangan bulat), tipe data dasar berupa bilangan
yang tidak mengandung pecahan desimal.
b. Char (karakter), tipe data dasar yang terdiri atas satu
buah angka, huruf, tanda baca, atau karakter khusus.
c. String, tipe data dasar yang berupa kumpulan karakter
dengan panjang tertentu. Meskipun berupa kumpulan karakter, karena tipe data
string sering digunakan dalam pemrograman, string dianggap dalam tipe data
dasar.
d. Boolean (bilangan logika), memiliki tepat dua buah
kemungkinan nilai, dipresentasikan sebagai benar dan salah, atau true dan
false, atau 1 dan 0.
Variabel adalah obyek yang nilainya
dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Sedangkan operator adalah pengendali
operasi yang akan dilakukan pada beberapa operan sehingga membentuk sebuah
ekspresi.
BAB 2
PEMBAHASAN
A. Dasar Teori
Tipe Data Variabel dan Tipe Data
Variabel Merupakan suatu tempat untuk menampung data atau
konstanta di memori yang mempunyai nilai atau data yang dapat berubah – ubah
selama proses program. Pada dasarnya ada dua macam tipe data variabel dalam bahasa
Java, yaitu tipe data primitive dan tipe data reference.
Operator
Aritmetika, digunakan untuk memanipulasi nilai variabel yang bersifat numeric.
Macam-macam bentuk operator aritmetika yaitu :
( + ) Menambahkan operan1 dengan operan2
( - ) Mengurangkan
operan1 dengan operan2
( / ) Membagi operan1 dengan operan2
( % ) Memberikan sisa hasil bagi antara operan1 dengan
operan2
( Operan ++ ) Menaikkan nilai operan sebanyak 1 setelah
dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( ++ Operan ) Menaikkan nilai operan sebanyak 1 sebelum
dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( Operan -- ) Menurunkan nilai operan sebanyak 1 setelah
dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( -- Operan ) Menurunkan nilai operan sebanyak 1 sebelum
dilakukan operasi terhadap operan tersebut
( - Operan ) Merubah nilai operan menjadi negasinya, jika
operan positif menjadi negative, dan sebaliknya.
Operator
relasional, berfungsi untuk membandingkan antara dua nilai variabel.
( > ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih besar
dari operan2
( < ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih kecil
dari operan2
( >= ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih besar
atau sama dengan operan2
( <= ) Menghasilkan nilai true jika operan1 lebih kecil
atau sama dengan operan2
( != ) Menghasilkan nilai true jika operan1 tidak sama
dengan operan2
Operator
kondisional, digunakan untuk mengevaluasi ekspresi Boolean, untuk menentukan
nilai mana yang akan dimasukan kedalam variabel.
( && ) Menghasilkan true jika operan1 dan operan2,
keduanya bernilai Boolean true.
( || ) Menghasilkan true jika operan1 atau operan2, keduanya
bernilai Boolean true.
( !! ) Menghasilkan true jika operan1 bernilai Boolean
false.
( & ) Menghasilkan true jika operan1 dan operan2
bernilai true (and)
( | ) Menghasilkan true jika operan1 atau operan2, salah
satunya bernilai Boolean true.
( ^ ) Menghasilkan true jika salah satu diantara operan1 atau operan2 bernilai true,
tetapi tidak keduanya.
Operator
assignment, digunakan untuk memberikan nilai dari suatu operasi ke sebuah
variabel, umumnya diberikan kepada variabel yang sama.
B. Contoh Program Sederhana Dalam Pemrograman Bahaha Java
Syntax
public class Jumlahmod3 {
public static void
main(String[] args) {
int A=2;
int B=4;
int jumlah;
jumlah=A+B;
System.out.println("Bilangan 1:"+A);
System.out.println("Bilangan 2:"+B);
System.out.println("Jumlah="+jumlah);
}
}
POST TEST
Post Test 1
Membuat program untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan, Potongan dan Gaji Bersih. Besar gaji pokok diisi dengan 100000*Lama kerja, Tunjangan Gajipokok*2.5% dan Gaji bersih diisi dengan Gaji pokok + Tunjangan.
Membuat program untuk menampilkan informasi karyawan yang terdiri dari NIK, Nama, Lama Kerja, Gaji Pokok, Tunjangan, Potongan dan Gaji Bersih. Besar gaji pokok diisi dengan 100000*Lama kerja, Tunjangan Gajipokok*2.5% dan Gaji bersih diisi dengan Gaji pokok + Tunjangan.
Syntax
import java.util.Scanner;
public class Latihan_03 {
public static void
main(String[] args){
String nik,
nama;
int gajipok=
100000, gbersih,lkerja, n1, n3;
float tj;
float n2;
Scanner sc=
new Scanner(System.in);
System.out.print("NIK\t\t: ");
nik=
sc.nextLine();
System.out.print("Nama\t\t: ");
nama=
sc.nextLine();
System.out.print("Lama Kerja\t:
");
lkerja=
sc.nextInt();
n1=
gajipok*lkerja;
n2= (int)
(gajipok*2.5);
n3=
n1+(int)n2;
System.out.print("\nGaji Pokok\tRp. "+n1);
System.out.print("\nGaji Tunjangan\tRp. "+n2);
System.out.print("\nGaji Bersih\tRp. "+n3);
}
}
Post Test 2
Membuat Program untuk menampilkan hasil perhitungan bujursangkar, persegi panjag, segitiga, lingkaran, limas, dan kerucut.
Syntax
import java.io.*;
public class Latihan_04 {
public static void
main (String [] args) throws IOException {
BufferedReader
br=new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
String
pilihan1;
int pilihan;
System.out.println(""
+"\n====================================================="
+"\n
MENU PEMLILIHAN
"
+"\n====================================================="
+"\n1. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING BUJUR SANGKAR "
+"\n2. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING PERSEGI PANJANG "
+"\n3. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING SEGITIGA "
+"\n4. PROGRAM PENGHITUNGAN KELILING LINGKARAN "
+"\n5. PROGRAM PENGHITUNGAN LUAS LIMAS "
+"\n6. PROGRAM PENGHITUNGAN
LUAS KERUCUT "
+"\n=====================================================\n"
+"Silahkan masukan pilihan anda : ");
pilihan1= br.readLine();
System.out.print("=====================================================");
pilihan=
Integer.parseInt(pilihan1);
switch(pilihan){
case 1:
pilihan=
1;
{
/*Bujur
sangkar*/
int s;
int
keliling;
System.out.print("\nmasukan panjang sisi (cm): ");
String
sisi= br.readLine();
s=Integer.parseInt(sisi);
keliling
= 4 * s;
System.out.print("\nKeliling bujur sangkar adalah
"+keliling+"cm2\n");
}
break;
case 2:
pilihan=
2;
{
/*Persegi panjang*/
int p;
int l;
int
keliling;
System.out.print("\nmasukan panjang persegi panjang (cm): ");
String
panjang= br.readLine();
System.out.print("\nmasukan
lebar persegi panjang (cm): ");
String
lebar= br.readLine();
l=Integer.parseInt(lebar);
p=Integer.parseInt(panjang);
keliling = 2*(p+l);
System.out.print("\nKeliling persegi panjang adalah
"+keliling+" cm\n");
}
break;
case 3:
pilihan=
3;
{
/*segi
Tiga*/
int
sa;
int
sb;
int
sc;
int
keliling;
System.out.print("\nmasukan panjang sisi a (cm): ");
String
s1= br.readLine();
System.out.print("\nmasukan panjang sisi b (cm): ");
String
s2= br.readLine();
System.out.print("\nmasukan panjang sisi c (cm): ");
String
s3= br.readLine();
sa=Integer.parseInt(s1);
sb=Integer.parseInt(s2);
sc=Integer.parseInt(s3);
keliling=sa+sb+sc;
System.out.print("\nKeliling Segitiga adalah "+keliling+"
cm\n");
}
break;
case 4:
pilihan=
4;
{
/*lingkaran*/
double
v=3.14;
float
r;
float
keliling;
System.out.print("\nmasukan jari-jari lingkaran (cm): ");
String
jari= br.readLine();
r =
Integer.parseInt(jari);
keliling = (float) (v*2*r);
System.out.print("\nKeliling
Lingkaran "+keliling+" cm\n");
}
break;
case 5:
pilihan = 5;
{
/*limas*/
int
luas;
int alas;
int
lusi;
System.out.print("\nMasukan luas alas (cm): ");
String
lulas= br.readLine();
System.out.print("\nMasukan luas sisi (cm): ");
String
lulis= br.readLine();
alas =
Integer.parseInt(lulas);
lusi =
Integer.parseInt(lulis);
luas =
alas+(4*lusi);
System.out.print("\nKeliling Lingkaran "+luas+"
cm\n");
}
break;
case 6 :
pilihan =6;
{
/*kerucut*/
int r;
int s;
int
alas;
int
lusi;
double
v=3.14;
float
keliling;
System.out.print("\nMasukan jari jari alas kerucut (cm): ");
String
jari= br.readLine();
System.out.print("\nMasukan panjajng garis peulukis (cm): ");
String
lukis= br.readLine();
r =
Integer.parseInt(jari);
s =
Integer.parseInt(lukis);
keliling = (float) (v * r * (r+s));
System.out.println("luas kerucut "+keliling+"
cm\n");
}
break;
default :
System.out.println("maaf data yang dimasukan tidak valid\n");
break;
}
}
}
BAB 3
PENUTUP
A. Penutup
Tipe data
adalah himpunan nilai yang dapat dimiliki oleh sebuah data. Tipe data
menentukan apakah sebuah nilai dapat dimiliki sebuah data atau tidak, serta
operasi apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Kedua, yaitu variabel
adalah obyek yang nilainya dapat berubah-ubah dalam sebuah program. Sedangkan
operator adalah pengendali operasi yang akan dilakukan pada beberapa operan
sehingga membentuk sebuah ekspresi.
B. Kata Penutup
Alhamdulillah, atas izin dari Allah SWT, akhirnya makalah
ini dapat terselaikan dengan baik.
Meskipun penulis juga menyadari bahwa makalah ini jauh dari
sempurna. Tapi semoga dapat
bermanfaat bagi banyak orang, AMINN..
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar